Sabtu, 07 Agustus 2010

Sudah Merdekakah Dunia Pendidikan Indonesia

Sudah Merdeka-kah Dunia Pendidikan Kita ?

Tentunya pertanyaan - pertanyaan tersebut akan selalu menggelitik dalam benak kita. Kemerdekaan dalam dunia pendidikan sangatlah komplek dimulai dari : Sistem pendidikan, Guru, Tenaga Kependidikan, Sekolah, dan Siswa.

Sudahkah Sistem pendidikan yang diterpkan di Indonesia sudah sesuai dengan kondisi global masyarakat saat ini. Apa konsep pendidikan murah berkualitas sudah benar - benar bisa berjalan dan menghasilkan output yang berkualitas pula. Tentunya, hal tersebut harusnya sudah menjadi koreksi bagi Pemerintah, Jajarannya serta Masyarakat Sekolah. Demi satu tujuan meninngkatkan mutu pendidikan.

Dan sudahkah semua insan pendidik siap denagn kemerdekaan yang diberikan? Sayangnya, tidak semua siap memperoleh anigerah yang sangat besar tersebut. Masih banyak diantara kita yang selalu menunggu 'arahan' dari atasan, menunggu perintah tanpa berbuat sesuatu demi kemajuan anak didiknya. Banyak hal yang dipermasalahkan dalam sistem pendidikan karena kekurang tahuan atau mungkin banyak masalah yang sulit dijcarikan jalan keluarnya, karena terbiasa menunggu 'arahan' tersebut.

Tidak sedikit diantara insan pendidik yang bingung untuk menentukan mana yang terbaik bagi sistem pendidikan sekolahnya Terkadang melihat rekan sekolah lain atau keputusan mayoritas yang dibuat bersama, lalu diterapkan di sekolahnya sebagai kebijakan semua.

Selain itu pelayanan prima dan administrasi yang kompatibel dan akuntabel merupakan tanggung jawab tenaga kependidikan yang sangat berat. Hal tersebut juga harus ditunjang dengan berbagai macam workshop, seleksi administrasi yang sesuai bidang dan sebagainya. Sehingga harapannya mampu membantu dalam administrasi sekolah yang prima.

Selebihnya adalah Output berkualitas dalam hal ini adalah siswa sebagai penerus bangsa. Dengan adanya kegiatan dan pelayanan tersebut, siswa dalam bereksplorasi mengembangkan dunianya juga akan optimal.

.........................................

Tidak ada komentar: